Sahabat operator sekolah maupun pembaca setia guru-id yang sedang sibuk namun tetap berbahagia. Sebagaimana yang kita ketahui saat ini rekan-rekan operator pendataan sekolah begitu disibukkan dengan berbagai macam pekerjaan baru selain dapodik seperti verval arsip/dokumen GTK, VervalPD, guru pembelajar, bos online,simpatika kemenag, dan yang terbaru dan cukup menghebohkan adalah adiknya dapodik yakni aplikasi penjaminan mutu pendidikan (PMP) kemdikbud.
Mengerjakan aplikasi PMP sebenarnya bukan tugas operator sekolah, namun karena pengerjaan kuesioner PMP ini sangat bergantung pada dapodik, maka mau tidak mau para operator dapodik harus ikut serta dalam mensukseskan pengiriman data Penjaminan Mutu Pendidikan sekolah masing-masing dengan cara membimbing para PTK dan Peserta Didik dalam pengerjaan Kuesioner PMP, nah karena pertanyaan pada Instrumen PMP ini lumayan banyak, dan apabila dikerjakan satu persatu dengan cara bergantian menggunakan 1 buah laptop bisa memakan waktu yang cukup lama, maka akan sangat efektif bila pengerjaanya menggunakan lebih dari 1 laptop dengan cara memanfaatkan Jaringan Wireless Ad Hoc.
Ad Hoc merupakan salah satu mode jaringan dalam WLAN (Wireless Local Area Network). Mode ini memungkinkan dua atau lebih device (komputer atau router) untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara langsung (dikenal dengan istilah peer to peer) tanpa melalui Central Wireless Router atau Acces Point (AP). (sumber)
Disini admin mencontohkan mengerjakan atau mengisi kuesioner pada aplikasi PMP dapodik menggunakan 2 laptop. Cara ini sudah admin coba dan bekerja :). berikut beberapa alat yang digunakan untuk menggunakan Jaringan Wireless Ad Hoc di laptop anda.
  • 2 Buah Laptop minimal Ram 2 GB
  • 1 Buah Modem atau Hp Android sebagai Jaringan penghubung
  • Kopi Panas
  • Gorengan atau Makanan ringan secukupnya

Cara Membuat Jaringan Ad HOc di Laptop

Langkah 1: PAstikan Duah buah laptop telah Menonaktifkan windows firewall. oke Disini laptop 1 sebagai pembuat jaringan dan laptop 2 sebagai penerima, berikutnya Pastikan modem telah terhubung ke laptop 1, koneksikan modem, berikutnya klik icon wifi atau internet akses kemudian klik teks "open network and sharing center" berikutnya klik "Set up a new connection and network." seperti penampakkan gambar dibawah
gambar buat jaringan ad hoc di laptop
langkah 2Berikutnya pada menu choose conection option pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network, kemudian klik next. berikutnya isikan network name, security type dan security key, jika telah selesai klik tombol centang "Save this network" lalu klik next. selanjutnya akan muncul konfigurasi baru lagi, maka klik close saja. seperti penampakkan gambar dibawah
gambar membuat ad hoc
gambar membuat adhoc
Langkah 3: Berikutnya setelah berhasil membuat jaringan ad hoc di laptop 1, kita pindah ke laptop 2, sama dengan langkah pertama, klik icon wifi dak hubungan dengan jaringan yang telah dibuat di laptop 1 tadi, setelah terkoneksi klik kanan, lalu pilih status, kemudian properties seperti penampakkan gambar dibawah
Langkah 4: klik "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)" lalu klik Properties klik "Use the following IP address" selanjutnya masukan IP nya seperti gambar di atas, kemudian tekan tombol "Tab" pada keyboard anda, dan isi "Subnet mask" seperti penampakkan gambar dibawah jika sudah klik Ok.
Ip Adress: 192.168.1.1
Subnet mask: 255.255.255.0
Langkah 5: Sekarang kembali ke laptop 1 lalu buka aplikasi pmp, login, sampai masuk ke beranda, berikutnya kembali ke laptop 2, buka browser google chrome dll, pada tab ketikkan alamat berikut: 192.168.1.1:1745 dan aplikasi PMP juga akan terbuka di laptop 2,
Langkah 6:Bagaimana mudah kan? bila ingin mengerjakan lebih dari 2 laptop silahkan koneksikan juga dengan jaringan yang telah dibuat tadi, pastikan wifi di laptop ke 3 aktif agar terdeteksi, jangan lupa ip adress di "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)" ganti menjadi 192.168.1.2, begitu seterusnya untuk laptop ke 4 ip adress 192.168.1.3. Nah, Untuk membuka aplikasi PMP di laptop 3 dan 4, buka browser google chrome dll, pada tab browser tetap ketikkan alamat ip adress 192.168.1.1 dan diakhiri dengan :1745 seperti contoh di langkah 5.



Sumber Dari: http://www.guru-id.com/2016/08/cara-mengisi-kuesioner-pmp-lebih-dari-1.html#ixzz4Nmi6z6U2

2 comments

Sangat membantu. Mampir juga ke blog aku ya almeraqaireen.blogspot.Co. Id