Sekian lama tak update Blog, kangen rasanya nulis lagi
Kali ini akan memposting tentang pengalam input data epsbed ver. dos
Baru kurang lebih sebulan menjadi Operator EPSBED (menggantikan) di Kampus yang tercinta ini
Pertama kali melihat softwarenya agak sedikit aneh ( Karena belum kenal sama sekali)
mencoba input nilai mahasiswa satu lokal, sungguh suatu pekerjaan yang membosankan
Dalam otakku mulai timbul pertanyaan demi pertanyaan " masak sih harus satu2 inputnya, tak adakah cara yang lebih mudah ?"
Pikiran langsung tertuju pada mbah google, langsung mulailah misi pencariannnnn !!!!
Ketemu ama Blognya mas Arkhan Subari yang berjudul "Convert xls ti dbf di EPSBED" ( Terima Kasih Mas Arkhan Subari)
Langsung mencari lagi softwarre FoxPro For Dos
Download selesai, mulai belajar mengoperasikan Foxpro For Dos
Pertama Extract File Rar nya di Folder C : FoxPro ato Folder D:FoxPro
lalu jalan kan file Foxpro.exe nya, akan muncul tampilan berikut :

Sebelum membuka FoxPro, persiapkan dulu data yang diperlukan:
  1. Data Excel dengan nama fild yang sama dengan File Dbf EPSBED, buka dulu file dbf melalui Ms Excel ato Ms access, hapus isinya dan sisakan nama field yang paling atas.
  2. Isi dengan data 2 yang akan kita masukkan ke dalam Program EPSBED sesuaikan jenis datanya (MSMHS, TBKMK, dll)
  3. Buka Ms Access lalu impor data yang kita buat tadi ke dalam Ms Access
  4. Ekport ke folder FoxPro dengan format .Dbf dengan nama terserah sampeyan (tak boleh sama dengan nama File yang akan kita tambah datanya
  5. Copy file EPSBED yang akan kita tambah datanya kedalam folder FoxPro (dua buah File .Dbf dan .Cdx
  6. Lalu buka FoxPro
  7. use trakm ;menggunakan trakm    (Sebagai contoh, untuk tabel transaksi mahasiswa (trakm). pada foxpro (saya menggunakan foxpro 2.6 dos)
  8. copy stru to trakm1 ;untuk membuat tabel kosong baru dengan struktur sama dengan trakm.
  9. use trakm1 ;menggunakan tabel trakm1
  10. append from [file] ;menambah data. [file] adalah nama file dbf hasil konversi excel.
  11. brows ;untuk melihat tabel trakm1. mengecek aja apakah yang dimasukkan tadi udah benar. kalau yakin benar, lanjutkan langkah berikutnya.
  12. use trakm ;menggunakan trakm
  13. append from trakm1 ;menambahkan data trakm dari trakm1.
  14. Reindex / Pack
  15. Copy kembali file Epsbed didalam Folder FoxPro dan timpakan difolder EPSBED (jangan lupa backup dulu data EPSBED kita )
  16. Tes buka program EPSBEDnya sudah masuk apa belum data yang kita tambahkan tadi
  17. Selesai
Dengan menggunakan Program FoxPro ini, kita jadi lebih mudah dalam input data, akan tetapi memerlukan ketelitian dalam pengimputan, sebab salah sedikit saja data tidak akan terbaca/error
Buat yang belum punya FoxPro for Dos Bisa DOWNLOAD DISINI

Tunggu Posting selanjutnya di Tips & Trik Input Data EPSBED Ver. Dos yang Kedua

4 comments

tips trik yang kedua mana pak ??
masih bingung nih..
newbie

sharing sesama operator epsbed
to: facebook.com/abu.fesbukan

Asli bingung nii pak bs video nya ga ya???

Asli bingung nii pak bs video nya ga ya???