Aplikasi Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar Terbaik
Agenda Surat masuk dan surat keluar terbaik dalam sebuah aplikasi sangat diperlukan dewasa ini, sebab administrasi perkantoran tidak akan jauh dari sistem dan aplikasi.Aplikasi ini sangat cocok untuk membuat rekap surat masuk dan surat keluar di kantor. Baik untuk kantor pemerintah maupun swasta ataupun organisasi. Walaupun masih sangat sederhana tapi lumayan untuk membantu tugas-tugas anda merekap surat, baik surat masuk maupun surat keluar.
Aplikasi persuratan ini juga dilengkapi dengan pembuatan label undangan dan amplop surat yang pernah saya bagikan pada postingan yang lalu yaitu Aplikasi Label Undangan dan Amplop. Dan supaya tidak repot menggunakannya, kedua aplikasi ini saya gabung saja dalam satu kesatuan biar lebih praktiks untuk digunakan.
Berikut screenshoot Menu Utama Aplikasi Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar
Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Dan yang lebih utama aplikasi ini bersifat full version jadi gak ada expirenya.
Berikut cara penggunaan Aplikasi Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar
Menambah Data
Untuk mencatat surat masuk dan surat keluar, pilih Persuratan pada menu utama, maka akan muncul form seperti di bawah ini.
Pada Tab pertama adalah data untuk Surat Masuk sedangkan pada Tab kedua adalah data untuk Surat Keluar. Cara menambah dan mengedit datanya sama saja. Klik tombol tambah untuk mulai menginput data. Jika data yang sudah diinput mau diganti arahkan mouse/pointer ke data yang mau di rubah selanjutnya klik tombol Ubah. Begitu juga jika ingin menghapus data, klik tombol hapus sambil mengarahkan pointer/mouse ke data yang mau dihapus
Mencetak Rekapan Surat Masuk dan Surat Keluar
Untuk mencetak rekapan surat, pilih Rekap Surat pada menu utama. Maka akan muncul form seperti di bawah ini
Ada beberapa kategori rekapan surat seperti gambar form di atas. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan laporan rekapan yang akan dicetak. Mudah bukan?
Membuat Amplop dan Label Undangan
Untuk membuat amplop atau label undangan pilih Daftar Undangan pada Menu Utama. Maka akan muncul form seperti di bawah ini
Silahkan isikan data ke form ini untuk membuat label undangan. Data label ini bisa juga dipakai untuk mencetak amplop surat. Untuk mencetak label atau amplop, beri tanda centang pada label atau amplop seperti pada gambar di atas. Praktis kan?
Pengaturan Nama Organisasi
Untuk mensetting nama organisasi, silahkan pilih Pengaturan pada Menu Utama, maka akan muncul form seperti di bawah ini.
Ketik saja teks yang ingin ditampilkan pada Amplop pada form di atas. Data yang sudah diisi akan muncul/tercetak di amplop surat dan Rekapan Surat.
Pengaturan Password Login
Password login aplikasi surat masuk dan surat keluar ini adalah User : admin, password : xx. Tapi bila anda ingin menggantinya, buka Menu Pengaturan di Menu Bar sebelah kiri atas. Selanjutnya pilih Ganti Password, maka akan muncul form untuk mengganti password seperti pada gambar form di bawah.
Jika sudah klik tombol Ganti, maka password dan nama usernya akan berubah dengan yang baru.
Petunjuk Instalasi
Cara instalasi aplikasi ini sangat mudah, tapi sebelum itu pastikan dulu bahwa Microsoft Office 2007 atau versi berapapun sudah terinstall pada komputer anda. Selanjutnya ikuti saja petunjuk instalasi pada file pdf yang disertakan pada link download.
Silahkan download dan semoga bermanfaat.....
Download Aplikasi Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar Terbaik DISINI
Comments
Post a Comment