Cara Beli/Pesan Buku K13 Online Resmi E-Katalog LKPP Kemdikbud

Cara Beli/Pesan Buku Kurikulum 2013 (K13) Online Resmi E-Katalog LKPP Kemdikbud. Buku Kurikulum 2013 (K13) sudah dapat dibeli secara Online pada laman e-katalog LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah). 

Mengenai Tata cara Pembelian Buku K13 secara Online melalui laman E-katalog LKPP dapat  anda simak secara lengkap dan detail pada artikel ini. Sesuai dengan Surat Edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bahwa Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 Diwajibkan untuk memesan buku K13 revisi terbaru tahun 2016 secara online melalui laman e-katalog LKPP. Maka dari itu, kami akan membahas bagaimana cara memesan buku K13 secara online ini dengan menggunakan dana Bantuan Operasional Siswa (BOS). 




Buku K13 Online Resmi E-Katalog LKPP Kemdikbud

Tatacara Pembelian / Pemesanan Buku K13 secara online via e-katalog LKPP. Tatacara pembelian buku K13 secara online melalui laman e-katalog LKPP sebenarnya hampir sama dengan membeli/memesan barang secara online pada website jual beli online pada umumnya. Namun yang membedakan, disini calon pembeli/pemesan akan login pada website menggunakan username dan password dapodik masing-masing sekolah. Pada saat membuka laman e-katalog LKPP Anda diberi pilihan beberapa Perusahaan Penyedia Buku (Perusahaan Pencetak buku). Silahkan memilih Perusahaan Penyedia buku yang menurut Anda memiliki rekam jejak yang bagus. Dan setelah itu, Anda akan melanjutkan proses pembelian menuju website penyedia buku tersebut. 

Namun sebelum melihat tatacara pembelian buku, Berikut ini merupakan cuplikan Surat Edaran Anjuran pembelian buku K13 secara online via e-katalog LKPP bagi sekolah Pelaksana K13. 

PEMBELIAN BUKU TEKS PELAJARAN K13 BAGI SEKOLAH PELAKSANA KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Memperhatikan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Presiden nomor 54 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, terkait Kontrak Payung E-Katalog Buku Kurikulum 2013 yang akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2017, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Pemesanan buku teks pelajaran kurikulum 2013 1,4,7 dan 10, pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 yang menggunakan dana Bantuan Operasional Siswa (BOS), wajib dilakukan dengan cara belanja daring (online shopping) melalui laman e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) dengan transaksi cashless, dan dilaksanakan sebelum tanggal 30 Juni 2017;
2. Pelaksanaan belanja daring (online shopping) sebagaimana dimaksud pada nomor 1, wajib dilakukan kepada penyedia dan harga yang sudah ditetapkan oleh LKPP. Daftar Penyedia yang sudah ditetapkan adalah sebagai berikut:
  1. CV. Cakrawala Harapan Jaya;
  2. PT. Jepe Press Media Utama;
  3. PT. Gramedia; 
  4. PT. Intan Pariwara; 
  5. PT. Mulia Kencana Semesta; 
  6. PT. Pesona Edukasi;
  7. PT. Sarana Pancakarya Nusa; 
  8. PT. Temprina Media Grafika; dan 
  9. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 
 Download File pdf Surat Edaran Asli DISINI.
Itulah tadi point penting mengenai Surat Edaran Perintah pembelian Buku Teks Pelajaran Bagi Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun tatacara pembelian buku secara online dapat anda simak selengkapnya di bawah ini: 

TataCara Pembelian Buku K13 Secara Online melalui laman e-katalog LKPP:
1. Silahkan kunjungi website e-katalog LKPP, KLIK DISINI.


2. Setelah itu pilih Buku Semester Berapa yang akan dipesan.
3. Kemudian Anda diberi pilihan Perusahaan Penyedia Buku, Pilih Salah satu dengan cara klik logo(gambar) Perusahaan Penyedia (Percetakan).

4. Setelah itu Anda akan masuk pada website belanja online Perusahaan Penyedia (Percetakan) tersebut. dan Klik Tombol PESAN SEKARANG

5. Kemudian Anda akan diarahkan untuk login menggunakan data dapodik sekolah. Silahkan login. dan Masuk ke form Pemesanan

(tatacara pemesanan melalui Gramedia)


6. Selanjutnya, untuk melakukan pemesanan terdapat 2 (dua) cara:
A. Melalui isian jumlah produk yang ingin dipesan dengan cara memasukkan jumlah/kuantitas produk yang ingin dipesan. Anda dapat memasukkan jumlah yang sama untuk semua item. (Hanya berlaku untuk buku non-guru. Untuk buku guru, jumlah diisi manual)

B. Melalui unggah berkas excel form pesanan
  • Klik tombol 'Pesan buku via unggah berkas excel form pesanan'
  • Klik tombol 'Unduh berkas excel form pesanan' untuk melihat format contoh berkas excel, selanjutnya pada berkas hasil unggahan tersebut buka dan sesuaikan jumlah produk yang ingin dipesan lalu simpan
  • Klik tombol 'Browse...', pilih lokasi penyimpanan berkas csv yang sudah disiapkan, lalu klik tombol 'Unggah'
  • Jika mengalami kendala koneksi internet, form pesanan dapat dikirimkan melalui fax atau email kami. Klik disini


7. Klik tombol 'Proses Pesanan'
8. Setelah pemesanan (jumlah produk yang dipesan) telah sesuai, akan muncul halaman 'Konfirmasi Pesanan', periksa kembali dan pastikan data yang tampil sudah sesuai dengan keinginan anda. Jika sudah benar, centang 'saya telah menyetujui syarat dan ketentuan'. Selanjutnya klik tombol 'Konfirmasi Pesanan' (kanan bawah)

9. Muncul daftar pesanan yang memuat tulisan 'Pesanan telah berhasil dibuat, kami akan segera menghubungi Anda' dan 'Kode Pesanan'

10. Apabila anda ingin memeriksa detil pesanan, klik tombol 'Detil' yang ada di sebelah kanan
11. Proses pemesanan selesai. Kami akan mengkonfirmasi pesanan Anda. Jika mengalami kendala pemesanan online, Bapak/Ibu dapat menghubungi ke nomor kontak kami Klik disini

12. Tahap selanjutnya, pengiriman buku ke sekolah -> buku diterima di sekolah (Berita Acara Serah Terima ditandatangani) -> proses pembayaran

13. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke nomor rekening BRI 001.901.001.450.300 atas nama PT. Gramedia

14. Untuk melihat status pesanan, ulangi langkah 1 & 2, pilih menu 'Pesanan Saya', klik kode pesanan atau 'Detil', maka akan mucul detil pesanan anda.

Keterangan:
Jika Anda Ingin menggunakan Perusahaan Penyedia (percetakan) lain, Anda bisa Klik Tombol Cara Pemesanan di bawah sebelum Anda melakukan pemesanan.

Saran untuk Tatacara Pemesanan Buku K13 secara online. Sebaiknya, Pemesanan dilakukan sebelum bulan Juni Tahun 2017. Sebab, hal tersebut dapat memudahkan perusahaan Pencetak buku. Karena yang melakukan pemesanan sangatlah banyak (seluruh sekolah pelaksana Kurikulum 2013 di seluruh wilayah Indonesia). Jadi, apabila Anda pesan jauh-jauh hari sebelumnya, maka akan diproses cepat dan buku dapat terkirim secepatnya sebelum tahun ajaran baru dimulai. 

Link Download: 

Subscribe My Blog

Comments