Cara Mudah Melihat IP Komputer Sendiri

IP address adalah singkatan dari Internet Protokol, yang biasanya digunakan untuk mengindentifikasi suatu komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan.
Terkadang untuk keperluan tertentu, terlebih jika komputer kita terhubung dalam jaringan, kita  informasi terkait ip address yang digunakan oleh komputer sangatlah penting. Misal, jika pada suatu jaringan, kita akan melakukan sharing file ataupun sharing printer, maka informasi yang dibuthkan adalah IP address yang digunakan pada komputer yang bersangkutan.
Dibawah ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk melihat IP address pada komputer Anda.
Cara melihat IP address pada Windows
Pada tutorial dibawah ini saya menggunakan windows 7. Untuk versi windows lainnya, seperti windows 8, windows 8.1 tinggal menyesuaikan saja. Oke langsung saja dipraktekan. 🙂

1. Melalui Command prompt
Untuk menjalankan command prompt bisa melalui run, caranya tekan tombol WinKey + R kemudian ketik cmd, lalu tekan enter. Setelah itu akan muncul commad prompt.

Untuk melihat atau mengecek ip address yang digunakan, ketik perintah “ipconfig” pada cmd.


Pada gambar diatas dapat kita lihat bersama informasi yang diberikan terkait IP address yang digunakan. Pada gambar diatas, IP address yang diguakan untuk koneksi internet adalah pada interface Local Area Connection.

2. Melalui Network and Sharing Center

– Buka terlebih dahulu control panel pada start menu. Setelah terbuka jendela control panel, lihat pada bagian network and internet, lalu klik View network status and tasks.




Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman berikutnya. Disini Anda bisa melihat interface yang digunakan digunakan. Pada gambar terlihat ada dua interface, yaitu Local Area Connection dan VirtualBox Host-only Network. Biasanya interface yang digunakan untuk koneksi jaringan local dan koneksi internet. Setiap interface memiliki IP Address yang berbeda.

– Klik interface yang ingin Anda lihat IP addressnya, kemudian klik "Detail"



Semoga bermanfaat.....






Subscribe My Blog

Comments